RAKERNAS Penanggulangan Bencana Tahun 2017

Direktorat DTTP menghadiri RAKERNAS Penanggulangan Bencana Tahun 2017, Kota DIY Yogyakarta

DIY Yogyakarta - (14/02) BNPB selaku koordinator Penanggulangan Bencana mengadakan rapat kerja penanggulangan bencana Tahun 2017 di Hotel Sahid Raya, Yogyakarta. Kegiatan rapat kerja ini dihadiri oleh +/- 400 BPBD Provinsi, dan Kabupaten/Kota yang tersebar di seluruh Indonesia, disamping itu acara rapat kerja Penanggulangan Bencana ini juga dihadiri oleh Kementerian/Lembaga dan Bupati/Walikota di daerah-daerah yang dijadikan Best Practices dalam hal Penanggulangan Bencana, daerah ini adalah Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Pidie Jaya, Kabupaten Gresik, dan Kota Bima. Para kepala daerah ini menjelaskan mengenai peran daerah dalam upaya pengurangan risiko bencana sebagai investasi awal dalam hal penanggulangan bencana.

Peringatan Bulan PRB (Pengurangan Risiko Bencana) Tahun 2016

Direktorat DTTP mengunjungi Pameran Pengurangan Risiko Bencana di Kompleks Megamas, Kota Manado

Manado - (14/10) Dalam rangka meningkatkan kesadaran dan ketangguhan masyarakat maupun pemerintah dalam menghadapi bahaya bencana, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku lembaga pemerintah dalam bidang penanggulangan bencana di Indonesia, mengadakan Peringatan Bulan PRB. Pada tahun 2009, UNISDR (United Nations International Strategy for Disaster Reduction) menetapkan tanggal 13 Oktober sebagai hari peringatan Pengurangan Risiko Bencana. Peringatan Bulan PRB telah menjadi agenda Nasional setiap tahunnya sejak tahun 2013 yang sebelumnya diselenggarakan berturut-turut di Kota Mataram, NTB (2013), Kota Bengkulu, Bengkulu (2014), dan Kota Surakarta, Jawa Tengah (2015). Sementara pada tahun 2016, Kota Manado, Sulawesi Utara terpilih menjadi tempat terselenggaranya perhelatan agenda Nasional Peringatan Bulan PRB.

Lombok Timur Sebagai Pilot 5 Kabupaten Tertinggal Terintegrasi Tahun 2017

Suasana diskusi di kantor Bappeda Lombok Timur

Selong - (15/8) Sebagaimana amanat dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2017, Pembangunan Daerah Tertinggal telah ditetapkan sebagai salah satu prioritas nasional di Tahun 2017. Dari total 122 kabupaten yang termasuk kategori daerah tertinggal, terdapat 5 kabupaten prioritas dalam RKP 2017 yang akan dijadikan lokasi percontohan pembangunan daerah tertinggal terintegrasi. Kelima kabupaten tersebut yaitu Kabupaten Lombok Timur, Maluku Tenggara Barat, Morotai, Sabu Raijua dan Sarmi. Integrasi pembangunan akan dilakukan secara terfokus pada lokasi kecamatan yang berpotensi menimbulkan pusat pertumbuhan baru sekaligus mengentaskan desa-desa tertinggal di wilayah sekitarnya.

Uji Coba Mesin Beras Analog Sagu di Workshop PT Barata Indonesia

Peserta mengunjungi workshop PT Barata

Gresik - (12/8) Dalam rangka pengembangan komoditas unggulan di Papua, Pokja Papua menginisiasi pengembangan sagu untuk diversifikasi makanan sebagai pewujudan ketahanan pangan nasional. Hal tersebut didasari oleh dari fakta bahwa Indonesia masih mengimpor beras dengan kuantitas yang semakin meningkat hingga 5 tahun terakhir, yaitu tahun 2011 mengimpor sebanyak 1,90 juta ton, tahun 2012 sebanyak 1,83 juta ton, tahun 2013 sebanyak 472.000 ton, tahun 2014 sebanyak 91.000 ton, dan tahun 2015 sebanyak 602.648 ton. Di sisi lain, terdapat fakta bahwa hutan sagu di Papua/Papua Barat seluas 5 juta Ha, dengan hasil pati sagu sebanyak 25 ton/Ha/thn, sehingga total 125 juta ton/thn dan untuk 3 tahun ke depan ditargetkan dapat memproduksi Beras Analog Sagu sebanyak 2.4 juta ton/thn (10% dari Kebutuhan Beras Nasional 24 juta ton/per tahun). Pemerintah daerah Provinsi Papua menyampaikan bahwa Luasan sagu alam terbesar yaitu di Kabupaten Asmat, Mappi, Mimika, dan Waropen. Namun, belum diolah secara optimal karena rendahnya konektivitas sehingga biaya logistik sangat mahal. Untuk itu, dibutuhkan aksi konkrit untuk mengolah sagu yang berkelanjutan.

Pertemuan Ilmiah Tahunan Ke-3 IABI

Berita-4

BANDUNG - ITB (23/5) -- IABI (Ikatan Ahli Bencana Indonesia) merupakan suatu kelompok yang mewadahi para peneliti, akademisi, praktisi, dan professional yang bergerak di bidang kebencanaan. IABI memiliki visi untuk membangun dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kebencanaan untuk mengurangi risiko bencana. PIT (Pertemuan Ilmiah Tahunan) merupakan suatu forum yang dapat mempertemukan para akademisi maupun praktisi untuk menuangkan gagasan-gagasan terkait topik Pengurangan Risiko Bencana. PIT yang diinisiasi oleh BNPB dan IABI ini diadakan di ITB pada tahun 2016. Pembukaan PIT diawali oleh Prof. Sudibyakto selaku Ketua IABI, Prof. Kadarsyah selaku Rektor ITB, dan Ir. Ridwan Kamil selaku Walikota Bandung.

Materi pembukaan PIT secara garis besar berisi tentang aspek Penurunan Risiko Bencana (PRB) sebagai salah satu langkah dalam pembangunan berkelanjutan. Rektor ITB, Prof. Kadarsyah bahwa bencana Tsunami yang pernah terjadi di Aceh pada Tahun 2004 menjadi inisiasi awal pembentukan kelompok-kelompok bencana.

Page 1 of 2

Produk

  • Kajian
  • Paparan
  • Monev
  • Buletin

Kajian Pengembangan Kebijakan Asimetris Dalam Pembangunan di Kawasan Perbatasan Negara [2016]


Kajian Penyusunan Instrumen Evaluasi Pembangunan Perdesaan [2016]


Kajian Kelembagaan dan Regulasi untuk Mendukung Kebijakan Penanggulangan Bencana Dalam RPJMN 2015-2019 [2015]


Evaluasi Program Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Khusus dan Daerah Tertinggal [2014]


Kajian Strategis Aktivitas Ruang Antara Kawasan Strategis Nasional Dengan Daerah Tertinggal di Pulau Kalimantan [2010]


Sustainable Livelihoods After Disaster Case: Post Earthquake 27 May 2006 in Yogyakarta and Central Java


Strengthening Peace Building Through Decentralized Conflict Sensitive Planning Process: Case Of Indonesia


Strengthening Peace Building Through Conflict Sensitive Participatory Local Planning Process: Case Of Indonesia


Experiences in Managing Response and Preparation for Recovery: Case of Indonesia


Laporan Akhir Evaluasi Kualitas Perencanaan dan Pelaksanaan Kegiatan Kementrian / Lembaga Mitra dalam Mendukung Pembangunan Kawasan Khusus


Laporan Akhir Koordinasi Perencanaan dan Pengendalian Penanganan Bencana (P3B)


Laporan Akhir Pemantauan Pelaksanaan RKP Tahun 2015 Bidang Daerah Tertinggal dan Kawasan Perbatasan Negara


Menuju Perencanaan Berbasis Kawasan

 


Potret Penanggulangan Bencana di Indonesia

 


Dinamika Pembangunan Kawasan Perbatasan Negara

 


Kawasan Strategis Ekonomi Indonesia

 

 


Investasi Mesin Pendorong Pembangunan Daerah Tertinggal

 


Forum Kerjasama Ekonomi Sub Regional